Ucapan

Lihat percakapan lainnya: di sini.

Apabila pertama kali mendengar percakapan orang Thailand pada saat bertemu, anda akan sering mendengar ucapan:

สวัสดี (sàwàt dI)

(Arahkan penunjuk pada aksara, kemudian akan muncul pengucapan dan artinya. Tekan pada aksara, maka informasi lebih rinci dari kata tersebut akan muncul)
Kata sàwàtdI merupakan ucapan khas yang mempunyai arti ‘salam’ secara umum pada saat bertemu seseorang. Dalam bahasa Indonesia, kata ini sepadan dengan ucapan ‘selamat pagi’, ‘selamat siang’, ‘selamat sore’, ‘selamat malam’ atau secara umum ‘salam’. Lebih jauh lagi, kata ini mempunyai arti ‘berkah, selamat, sejahtera’. Kata ini selalu diucapkan masyarakat Thailand pada saat bertemu siapapun, kapanpun, dan di manapun, dan biasanya selalu diiringi dengan Wai (mengatupkan kedua tangan di dada/dagu/hidung/dahi).

Anda juga akan mendengar kata berikut setelah ucapan ‘sàwàtdI’ di akhir kalimat:

ครับ (khráp)

/ ค่ะ (khâ)

Kata khráp atau khâ memang digunakan oleh masyarakat Thailand untuk membuat pembicaraan menjadi sopan atau menunjukkan penghormatan dan biasa diucapkan di setiap akhir kalimat. Kata khráp digunakan oleh pembicara laki-laki dan khâ oleh pembicara perempuan. Kata tersebut biasanya dipakai pada kalimat-kalimat awal kemudian tidak digunakan lagi, namun dalam keadaan yang lebih resmi kata tersebut digunakan di seluruh akhir kalimat. Sebaliknya dalam suasana yang sangat biasa, kata tersebut digunakan dalam berbicara.

Ketika seseorang sedang berbicara, pendengarnya juga menggunakan kata khráp atau khâ secara sering untuk menunjukkan bahwa dirinya sedang mendengarkan pembicaraan itu. Walaupun kata khráp atau khâ bukan berarti ‘ya’, namun kata tersebut sering digunakan untuk menandakan setuju.

Dalam obrolan sehari-hari, huruf “r” dalam khráp sering hilang dari ucapan sehingga terdengar คับ (kháp) .

Maka pada saat bertemu orang Thailand, ucapkanlah:

สวัสดีครับ (sàwàt dI khráp)

atau

สวัสดีค่ะ (sàwàt dI khâ)

sumber suara: http://lingopolo.com/thai/lessonshttp://www.omniglot.com/language/phrases/thai.php

Bagikan:Share on Google+Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *