Menu Tutup

Logat Bahasa Fiji

Upacara Yaquna
Upacara Yaquna

Bahasa Fiji merupakan bahasa yang sebagian besar dimengerti dan digunakan masyarakat di negara Fiji. Letak negara ini berada di sebelah timur Indonesia dan utara Selandia Baru, bagian selatan Samudera Pasifik (Lautan Teduh).

Fiji mempunyai sekitar 300 jenis logat bahasa yang dapat digolongkan dalam dua kelompok besar, yaitu Fiji Barat dan Fiji Timur. Kelompok Fiji Barat mempunyai sebagian besar jenis logat bahasa yang diucapkan di pulau-pulau barat Fiji. Kelompok Fiji Timur diucapkan penduduk yang tinggal di pulau-pulau sebelah timur.

Beruntung bagi peminat bahasa, karena meskipun banyak jenis logat bahasa tetapi ada satu logat yang dapat dimengerti seluruh penduduk Fiji. Logat tersebut berasal dari daerah Bau-Rewa dalam kelompok Fiji Timur. Daerah Bau-Rewa awalnya adalah pusat pemerintahan Fiji sebelum jatuh ke tangan Inggris tahun 1874.

Logat Bau-Rewa terkenal dengan nama Bauan (vosa vakabau) merupakan bentuk baku bahasa Fiji. Logat Bauan digunakan di antara penduduk Fiji dari daerah yang berbeda, di sekolah, di radio, dan televisi. Terdapat sedikitĀ  perbedaan antara bentuk tulisan dan bicara, tetapi bentuknya jelas dan tidak sulit membedakannya. Biasanya, Anda akan sering menemukan tulisan ko untuk penyebutan o, dan ki atauĀ e untuk penyebutan i.

Bahasa baku Fiji tidak hanya digunakan oleh orang-orang Fiji, tetapi juga orang-orang pada kelompok yang lebih luas di Fiji, seperti orang Rotuman, Kepulauan Pasifik, dan sebagian Eropa dapat berbicara dengan lancar. Selain itu, banyak juga orang India Fiji yang mengetahui bahasa Fiji, khususnya di daerah Lembah Sigatoka, Levuka, Savusavu, dan Taveuni.

Bahasa Fiji dapat digunakan di seluruh Fiji. Walaupun tidak secara resmi dirancang demikian, bahasa Fiji telah dianggap sebagai bahasa persatuan di negara Fiji.

ABJAD FIJI >>>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.