Sejarah

Pada awalnya, kami hanya memiliki catatan tentang bahasa Thai. Bahasa Thai mungkin agak sulit dipelajari oleh orang Indonesia, karena menggunakan huruf non-latin dan memiliki nada pengucapan. Catatan-catatan itu kami peroleh dari seorang kawan kami yang tinggal di Thailand.

Membaca catatan-catatan yang sedikit banyak mudah dimengerti, kami pun tertarik untuk mempelajari bahasa Thai dan membuat catatan dari bahasa Thai. Catatan tersebut banyak dibuat di dalam buku tulis biasa, lembaran kertas, sampai buku ukuran folio. Banyaknya catatan tersebut membuat kami agak kesulitan mencari dan mengumpulkannya. Sementara itu, catatan-catatan baru kawan kami tentang bahasa Thai juga terus bertambah.

Catatan bentuk digital

Pada tahun 2010, kami mulai membuat catatan bahasa Thai yang kami miliki dalam bentuk digital. Kami menuangkan catatan-catatan tersebut ke dalam situs web gratis wordpress dengan alamat thaibahasasaya.wordpress.com.

Awalnya, alasan kami menuangkan ke dalam bentuk digital hanya untuk memudahkan kami. Pada saat mencari bahan bahasa Thai yang kami perlukan, cukup dengan mengetik kata kunci dan menekan tombol enter. Namun di luar perkiraan kami, beberapa pengunjung menyampaikan tanggapan pada situs yang kami buat. Bahkan beberapa pengunjung memberikan catatan tambahan tentang bahasa Thai.

Saat itu kami juga menerima permintaan tambahan catatan bahasa lainnya selain Thai dari beberapa pengunjung. Namun karena situs kami khusus membahas bahasa Thai, kami belum dapat menampung permintaan pengunjung kami.

Di luar dugaan kami, situs tersebut telah menjadi rujukan beberapa pelajar Indonesia yang meminati bahasa Thai. Banyak pengunjung yang meminta kami untuk terus menulis catatan tentang bahasa Thai.

duniabahasa.com

Pada awal 2013, kami memiliki gagasan untuk mengembangkan situs tersebut tidak hanya membahas bahasa Thai tetapi juga membahas bahasa lainnya di dunia. Tidak hanya bahasa asing, tetapi termasuk juga bahasa Indonesia.

Kami merasa gagasan kami terlalu tinggi, namun karena dukungan yang terus mengalir kami yakin untuk membangun situs baru yang dapat mewujudkan hal tersebut. Dengan dana yang ada, kami mulai menggunakan nama domain dan menyewa host bulanan. Kami juga mencari beberapa nama yang pas dengan tujuan kami, namun sayangnya banyak nama yang kami inginkan telah digunakan situs lain. Sampai akhirnya pilihan nama jatuh pada www.duniabahasa.com, dan kami ajukan sebagai nama situs. Situs duniabahasa.com mulai beroperasi pada 1 Juli 2013 dengan bahasa yang kami sajikan adalah bahasa Thai dan bahasa Tagalog Filipina, serta kami menghentikan situs thaibahasasaya.wordpress.com.

Rencana kami ke depan

  • Mengembangkan bahasa-bahasa lain di dunia yang diminati, terutama bahasa yang banyak orang belum mengenalnya.
  • Menambahkan bahan-bahan bahasa yang telah tersedia secara lengkap dan mudah dipahami oleh orang-orang Indonesia.
  • Menjadi ajang kumpul para poliglot Indonesia dan orang-orang Indonesia yang ada di luar negeri untuk berbagi bahasa yang digunakan di negara yang ditinggali.
  • Rencana lain yang akan dijalani, namun belum direncanakan.

Kami memerlukan dukungan anda

Kami memahami betapa hebatnya rencana kami untuk menyediakan layanan bahasa ini, tentu tidak akan berjalan tanpa ada dukungan dari anda. Kami memerlukan dukungan anda agar situs ini terus berjalan dan menyediakan catatan-catatan tentang bahasa yang ada di dunia.

Mari dukung kami!

Bagikan:Share on Google+Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *