Menu Tutup

Menemukan Aksara Han

Abjad bahasa Indonesia memiliki 26 huruf, urutannya mulai A sampai Z. Cukup mudah dalam mencari kata bahasa Indonesia di kamus, yaitu sesuai urutan huruf. Sementara itu, aksara Han digunakan dalam bahasa-bahasa Asia Timur, seperti Cina, Jepang, dan Korea. Jumlahnya tidak tanggung-tanggung yaitu mencapai ribuan aksara. Tentu menjadi tantangan tersendiri dalam menemukan urutan aksara Han dalam kamus.

Sekitar tiga abad lalu, orang-orang Cina mengembangkan tata kelompok aksara Han ke dalam 214 unsur dasar. Dalam rujukan lain, istilah unsur-unsur dasar ini disebut radikal.

Sejumlah radikal mengacu pada bentuk dan susunan aksara, sementara sebagian lain pada artinya. Misalnya, walau banyak aksara didapati mempunyai radikal 門 (ke-169, pintu), tetapi aksara 聞 (4732) termasuk dalam radikal 耳 (ke-128, telinga). Maksudnya mungkin karena mendengar menggunakan telinga.

 

Cara menemukan aksara Han di kamus:

  1. Pastikan jenis radikal aksara Han.
  2. Hitung jumlah guratan radikalnya.
  3. Temukan urutan radikal sesuai jumlah guratannya.
  4. Hitung jumlah guratan lain pada aksara (tidak termasuk radikalnya).
  5. Temukan urutan aksara di dalam radikal terkait, berdasarkan jumlah guratannya.
  6. Jika benar, Anda akan menemukan huruf yang Anda cari.

 

Tata kelompok ini masih dipakai hingga sekarang dalam kamus aksara Mandarin, Korea, dan Jepang. Namun begitu kita perlu upaya mencoba dalam menemukan aksara Han.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *