Bahasa Melayu itu apa?

Bahasa Melayu merupakan salah satu bahasa daerah yang digunakan di Riau (Indonesia). Bahkan, bahasa Indonesia bersumber dari bahasa Melayu. Walaupun bahasa Melayu hanya dituturkan sekitar 500.000 orang di Riau, namun ragamnya ditemukan pada berbagai bahasa daerah lainnya di Indonesia. Sehingga, bahasa Melayu dipilih sebagai sumber bahasa persatuan karena dianggap paling mewakili seluruh suku bangsa di Indonesia.

Bahasa Melayu pernah digunakan sebagaiĀ lingua franca atau bahasa penghubung. Para pedagang dari berbagai bangsa yang melintasi Selat Malaka menggunakan bahasa Melayu untuk berbicara dan menyampaikan pesan. Penggunaan bahasa Melayu pun meluas, dan kemudian menjadi bahasa acuan bagi rumpun bangsa di sekitarnya seperti Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Thailand Selatan, dan Filipina Selatan.

Bahasa Melayu mengalami perkembangan di beberapa rumpun bangsa. Perkembangannya terutama dipengaruhi oleh penjajahan dan pencampuran bahasa-bahasa dari berbagai bangsa yang ikut menggunakan bahasa Melayu. Sebagai contoh, bahasa Malaysia dipengaruhi bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dipengaruhi bahasa Belanda.

Kita mungkin tidak perlu lagi mempelajari bahasa Melayu, karena secara tata bahasa dan penggunaan kata sangat-sangat sama. Hanya saja perbedaan logat mungkin sedikit membingungkan. Bagi orang Indonesia saat ini mungkin bingung mendengar beberapa kosakata baku bahasa Malaysia yang tidak lazim digunakan dalam bahasa Indonesia, dan sebaliknya.

Melalui catatan ini, mari kita mengenal lebih dalam perbedaan-perbedaan bahasa Melayu (khususnya di Malaysia). Tujuannya untuk memperoleh pemahaman yang baik ketika berbicara, dan tidak lagi bingung ketika mendengar dan berbicara dengan teman-teman di Malaysia.Sebagai catatan, kami hanya akan membahas beberapa perbedaan antara bahasa Malaysia dengan bahasa Indonesia, untuk memperoleh pemahaman yang memadai. Selebihnya, silakan Anda berbicara menggunakan bahasa Melayu yang Anda pahami.<<< Kembali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *