Aksara

anacarakaAksara adalah suatu lambang tulisan untuk mewakili ucapan bunyi. Satu aksara biasanya merupakan satu suku kata.

Kamus Besar Bahasa Indonesia menjelaskan bahwa aksara merupakan suatu lambang yang digunakan manusia untuk menyampaikan pesan tulisan dan sedikit banyak mewakili ucapan [1].

Aksara berbeda dengan huruf. Huruf terdiri dari huruf mati dan huruf hidup. Sementara aksara merupakan gabungan huruf mati dan huruf hidup, yang membentuk suku kata. Suatu aksara dapat terdiri dari satu huruf hidup, tetapi tidak ada yang hanya terdiri dari satu huruf mati.

Beberapa bahasa di Nusantara juga menggunakan aksara (menggunakan sebutan aksara untuk huruf-huruf yang digunakan). Aksara tersebut dapat ditemukan dalam bahasa Bugis, bahasa Jawa, bahasa Bali, dan bahasa Batak. Setiap aksara diucapkan dalam satu suku kata (tidak dikenal huruf mati, tetapi membaca huruf mati dan huruf hidup sekaligus), misalnya hå-nå-cå-rå-kå dalam bahasa Jawa atau ka-ga-nga-ngka dalam bahasa Bugis [2].

Catatan kaki:

6 Tanggapan to “Aksara”

  • Bisa dijabarkan lebih banyak tentang aksara thailand? Sy sudah baca di atas tp belum lengkap yah materinya? Sangat ingin tahu baca aksara thailand

  • Ada kursus lgsg g sih kak aku minat bgt nih biar aku bisnis g pake translate lg kalo ada yg di Jakarta ya kak

    • Hai Annerose,

      Untuk saat ini kami tidak mengadakan kursus atau berafiliasi dengan pihak manapun. Jika ada pertanyaan, bisa langsung klik menu Hubungi Kami atau kirim komentar.

      Terima kasih sudah berkunjung. 🙂

      Admin
      Duniabahasa.com

  • Ya melihat huruf thailand kelihatan nya asyk untuk dipelajari….

    • Memang asyik. Silakan ke halaman Aksara Thai untuk info lebih lanjut.

      Terima kasih sudah berkunjung. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *