Sejarah Fiji

Fiji mulai dihuni manusia sekitar 3.500 tahun yang lalu. Seiring perkembangannya, banyak logat bahasa yang dapat ditemui di Fiji saat ini merupakan lanjutan bahasa yang diucapkan penduduk aslinya dahulu.

Asal-usul penduduk Fiji mungkin berasal kepulauan-kepulauan yang ada di sebelah barat, seperti Solomon dan Vanuatu. Penduduk tersebut konon berasal dari daerah Asia Tenggara yang meninggalkan tanah kelahirannya ribuan tahun lalu, yang menyebar ke timur melalui Indonesia, Filipina, dan Papua Nugini. Dari Fiji, sebagian penduduk menetap di pulau-pulau terdekat seperti Rotuma, Tonga, dan Samoa, dan terus menyebar ke seluruh kepulauan Polinesia.

Peta Kepulauan Pasifik

Peta Kepulauan Pasifik (tekan untuk memperbesar)

Kepulauan Polinesia membentang mulai dari Papua Nugini di sebelah barat, hingga ke Hawaii di sebelah utara, Rapa Nui (Pulau Paskah) di sebelah selatan, dan Aotearoa (Selandia Baru) di sebelah selatan.

Penduduk di kepulauan tersebut berbicara dalam bahasa yang saling terkait dan masih dalam rumpun bahasa Austronesia, salah satu rumpun bahasa terbesar di dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *